Pages

Ads 468x60px

Wednesday, July 11, 2012

APA ITU SOFTWARE OPEN SOUCE


Kata open source dalam dunia komputer sudah tidak asing lagi tetapi banyak yang tidak tahu apa itu open souce, sebagian orang banyak mengartikan kata open source sama makananya dengan freeware atau istilah lainnya sofware gratis. Ada benarnya juga kalau sebagian beranggapan open source itu suatu software yang gratis karana kebanyakan dari software open source di berikan secara gratis.
Terus, APA ITU OPEN SOURCE?
Ok, pertama-tama kita akan melihat dulu dari kata yang digunakan, OPEN SOURE terdiri dari dua kata OPEN=BUKA dan SOURCE=SUMBER. Jadi kita bisa mengetahui kalau open source itu sebuah sumber program yang terbuka, artinya sebuah aplikasi open source, user diberikan kebebasan dalam menggunakan, mengembangkan, menyebarluaskan atau menggandakan aplikasi tersebut tanpa harus membayar izin atau lisensi kepada pembuat aplikasinya. karena sumber yang terbuka dan bisa dilihat. Suber disini yaitu kode-kode programnya.


Open source software
Open source software yaitu software sebuah software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dirubah sesuai keinginan, untuk merubahnya tentu kita harus mengerti dulu kode-kodenya. :) Dan salah satu keunggulannya adalah Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi dan ini yang sering di salah artikan sebagi software gratisan.
OPEN SOURCE ADALAH SOFTWARE YANG GRATIS DAN SOFTWARE GRATIS TIDAK SEMUANYA OPEN SOURCE.


contoh open source software
  • PHP
  • MySQL
  • Linux
  • Apache (web server)
  • perl
  • fetchmail


Apakah Open Source itu aman?
Berbicara masalah keamanan, open source sangat aman, kenapa saya mengatakan demikian karena anda tidak menggunakan software yang kode-kode programnya di kunci, dengan kebebasan untuk melihat kode-kodenya tentu kita bisa mengetahui perintah-perintah apa saja yang ada didalamnya dengan demikian kita tahu kalau didalam programnya tidak mengandung perintah-perintah yang bisa menyebabkan kerusakan pada komputer dan tidak menyebabkan kerugian bagi pengguna software. Software yang bukan open source tidak memberikan kebebasan kepada user untuk melihat kodenya apalagi merubahnya, bisa saja didalam kode programnya ada script perintah untuk mengirimkan data-data pada komputer kita apalagi sumber software tidak terpercaya, itulah bedaannya dengan open source. 
 
Open Source menurut Wikipedia
adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

0 comments:

Post a Comment